Sabtu, 04 September 2010

BBM Penilaian Pembelajaran

BAB I
PENDAHULUAN
A.Latar Belakang
Setiap guru harus mempunyai Kompetensi Pedagogik dalam melakukan penilaian pembelajaran .
Banyak permasalahan yang dihadapi oleh guru dalam melakukan penilaian pembelajaran.

KEDUDUKAN TOPIK PENILAIAN PEMBELAJARAN
Topik penilaian pembelajaran ini merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai guru, sekaligus tahapan untuk menemukan permasalahan yang akan ditelitdi dari seluruh tahapan pelaksanaan PTK.

2. PENTINGNYA MEMPELAJARI TOPIK PENILAIAN PEMBELAJARAN
Banyak permasalahan-permasalahan dalam penilaian pembelajaran yang dihadapi guru peserta SD.
Topik penilaian pembelajaran sangat penting dipelajari karena keterampilan melakukan penilaian pembelajaran merupakan salah satu Kompetensi Pedagogik yang harus dikuasai guru

RUANG LINGKUP PENILAIAN PEMBELAJARAN
1. Standar Penilaian Pendidikan
2. Pengembangan Instrumen Penilaian Pembelajaran
3. Pelaporan Hasil Penilaian Pembelajaran.


PERSIAPAN
Pelajarilah permasalahan yang sering dialami oleh guru dalam melakukan penilaian pembelajaran.
Siapkan alat dan bahan dalam pertemuan

KEGIATAN BELAJAR
Alur Kegiatan Belajar




STANDAR PENILAIAN PENDIDIKAN
Permendiknas nomor 20/2007 tentang Standar Penilaian Pendidikan dikemukakan bahwa ulangan adalah proses yang dilakukan untuk mengukur pencapaian kompetensi peserta didik secara berkelanjutan dalam proses pembelajaran, untuk memantau kemajuan, melakukan perbaikan pembelajaran, dan menentukan keberhasilan belajar peserta didik.


PRINSIP PENILAIAN PEMBELAJARAN


Prinsip Penilaian
Sahih
Objektif
Adil
Terpadu
Terbuka
Berkesinambungan
Sistemetik
Beracuan
Akuntabel




TEKNIK DAN BENTUK INSTRUMEN PENILAIAN
Teknik tes berupa tes tertulis, lisan, dan non tes berupa praktik atau kinerja.
Teknik observasi atau pengamatan dilakukan selama pembelajaran berlangsung dan/atau di luar kegiatan pembelajaran.
Teknik penugasan baik perseorangan maupun kelompok dapat berbentuk tugas rumah, produk dan/atau proyek.



Teknik penilaian yang dapat digunakan pendidik kelompok mata pelajaran antara lain:
Tertulis
Penugasan
Observasi
Tes lisan
Portofolio
Jurnal
Penilaian diri
Penilaian antar teman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar