Sabtu, 04 September 2010

BBM Jurnal Belajar

BAB I
Pendahuluan
A. Latar Belakang
Bahan Belajar Mandiri (BBM) ini diperuntukan bagi guru, kepala sekolah, pengawas sekolah, guru pemandu, kepala sekola pemandu, dan pengawas pemandu di KKG, MGMP, KKKS, MKKS, KKPS dan MKPS. Guru, kepala sekolah dan pengawas
kepala sekolah serta pengawas sekolah pada proses belajar mengajar serta pelatihan dalam implementasi program BERMUTU di KKG/MGMP/ KKKS/MKKS/KKPS/MKPS
B. Rumusan Masalah
1. Bagaimanakah penyusunan Jurnal Belajar?
2. Bagaimanakah pengisian Jurnal Belajar?
3. Bagaimanakah evaluasi dan Tindak Lanjut Jurnal Belajar.
BAB II
Pembahasan
A. Penyusunan jurnal belajar
Jurnal belajar adalah wadah yang memuat hasil refleksi dalam bidang pembelajaran yang diperuntukan bagi peserta didik.
Langkah-langkah penyusunan jurnal belajar
1. Persiapan
2. Sumber belajar
3. Membuat alur kegiatan belajar
B. Pengisian Jurnal Belajar
Penjelasan Alur Kegiatan
Kegiatan 1. Pendahuluan (5 menit)
Pada kegiatan pendahuluan guru/kepala sekolah/pengawas pemandu menginformasikan kompetensi, indikator pencapaian kompetensi, kegiatan belajar yang akan dilakukan, dan hasil belajar yang diharapkan


Kegiatan 2. Mengkaji Bahan Bacaan (50 menit)
Satu kelompok terdiri dari 4-5 orang. Peserta belajar secara individual membaca bahan bacaan konsep Jurnal Belajar yang berisikan paparan tentang pengertian, kegunaan, dan bentuk-bentuk jurnal belajar.
Kegiatan 3. Diskusi dan Latihan Pengisian Jurnal belajar (50 menit)
Pemandu memandu diskusi kelas untuk menyamakan pemahaman peserta tentang cara mengisi jurnal/menulis jurnal belajar sesuai format yang ada dalam lampiran 2.
Kegiatan 4. Diskusi Evaluasi dan Tindak Lanjut (50 menit)
 Pemandu mengumpulkan jurnal belajar hasil latihan yang telah dibuat pada kegiatan 3.
 Sebagai tindak lanjut, peserta diminta memilih tiga pengalaman berhasil yang paling memungkinkan untuk diterapkan di sekolah
Kegiatan 5. Penutup: Evaluasi diri, Rangkuman, dan pemberian tugas (25 Menit) dan pemberian tugas (25 Menit) Pemandu meminta setiap peserta untuk mengevaluasi diri pencapaian pemahaman mereka tentang jurnal belajar
C. Evaluasi dan tindak belajar
1. Tugas Terstruktur
a. Buatlah jurnal belajar setiap selesai pertemuan di KKG/MGMP/KKKS/KKPS
b. Lakukan evaluasi terhadap pengalaman berhasil dan lakukan tindak lanjut.



2. Tugas Mandiri
Analisislah jurnal belajar peserta didik pada mata pelajaran yang Saudara ampu dikombinasikan dengan jurnal belajar guru (anda sendiri).
BAB III
Penutup
A. Kesimpulan
 Jurnal belajar bukan:
 Ringkasan materi pembelajaran, tetapi lebih fokus pada refleksi peserta didik terhadap apa yang telah dibaca atau yang sedang dipelajari
Isi Jurnal belajar dapat meliputi:
 Pertanyaan yang muncul di benak peserta didik yang berkaitan dengan materi yang dibaca pada topik tertentu (bahan ajar);
B. Saran
Isi jurnal belajar berupa gagasan, cara pandang (baru) terhadap persoalan yang dibahas pada pembelajaran, yaitu cara melakukan sesuatu, kepada peserta didik SD, yang diketahui peserta didik tersebut dari orangtuanya.
Peserta didik dibiasakan untuk mengorganisasiikan ide-ide pokok atau bagian-bagian gagasan yang hendak dituliskan.
Terima kasih

Tidak ada komentar:

Posting Komentar